Cara Paling Ampuh Merawat Kelinci

Cara Paling Ampuh Merawat Kelinci -  Kelinci adalah binatang yang sangat jinak dan penurut. Dengan telinga besar dan panjang ia menjadi salah satu hewan yang memiliki telinga yang unik, apalagi dengan gigi depan bagian atas yang sangat mencolok yaitu 2 gigi yang lebih besar dari gigi lainnya. Hal ini menambah kesan lucu dan imut pada kelinci. Bagi anda yang ingin memelihara kelinci, tentu anda harus paham cara merawatnya dengan baik agar kelinci dapat hidup sehat. Ada beberapa hal yang dapat kita lakukan untuk merawat kelinci dengan baik. Nah, berikut ini ada cara merawat kelinci, yuk kita simak.
Cara Merawat Kelinci

Kebersihan Kandang

Memperhatikan kebersihan dari kandang kelinci itu sendiri, sebaiknya secara rutin membersihkan kandang kelinci sangat penting agar kelinci nyaman dan juga mencegah kuman.

Selain itu, sebaiknya anda memilih kandang kelinci yang agak besar agar nantinya kelinci bisa bermain dengan longgar dan lebih leluasa dengan demikian nantinya kelinci juga bisa lebih berkembang dengan baik.
Kelinci Memenuhi kebutuhan air selain itu masih banyak lagi yang bisa dilakukan di dalam merawat kelinci, salah satu hal yang sangat penting juga kebutuhan cairannya.

Cara Mengandangkan Kelinci

Ada beberapa orang yang lebih memilih melepas kelinci mereka di halaman rumah mereka dan ada juga sebagian orang yang lebih memilih mengandangkannya. Mana yang lebih bagus? Jika anda melepasnya, kelinci biasanya akan menggali tanah sebagai tempat persembunyian mereka, bahkan sebagai tempat beranak dan tidur. Padahal, dengan bersembunyi di bawah tanah kelinci akan lebih mudah terkena penyakit.

Jadi, mengandangkannya adalah cara merawat kelinci yang lebih bagus. Sebaiknya anda membuat kandang yang mana alasnya tidak langsung bersentuhan dengan tanah. Model kandang seperti ini juga memudahkan kita untuk membersihkannya.

Cara Memberikan Makan

Memperhatikan makanannya merupakan salah satu hal yang sangat penting, oleh sebab itu makanan yang tepat. banyak orang yang mengira kelinci sama dengan manusia dengan menkonsumsi sayuran segar sangat bagus untuk kesehatan namun hal tersebut salah.

Jika pada kelinci menkonsumsi sayuran segar malah akan mengakibatkan kelinci menjadi mencret karena kelebihan cairan. Oleh karena itu sebaiknya sayuran tersebut setelah dibeli dikeringkan terlebih dahulu dengan dijemur setelah layu dan juga agak kering, besoknya baru diberikan kepada kelinci.

Cara Membersihkan Kelinci

Selain mengandangkan dan memberi makan, anda juga perlu membersihkan kelinci anda secara teratur. Baik anda membiarkannya hidup di luar ataupun di kandang, bulu kelinci pasti akan kotor.

Sebenarnya, kelinci suka menjilati bulu mereka untuk membersihkan diri, tetapi kadang itu saja tidak cukup sehingga anda perlu membersihkannya. Cara memandikan kelinci sangat mudah. Mandikan dengan air lalu keringkan. dengan melakukan langkah-langkah cara merawat kelinci di atas, kelinci anda akan sehat dan bersih.

Nah, itu tadi beberapa Cara Paling Ampuh Merawat Kelinci, semoga bermanfat.

Komentar

Postingan Populer