Cara Memanjangkan Bulu Kelinci Dengan Cepat

Cara Memanjangkan Bulu Kelinci Dengan Cepat - Daya tarik yang dimiliki oleh kelinci di samping pada mukanya yang imut, lucu, dan menggemaskan, ada pula kelinci yang mempunyai bulu panjang. Beberapa jenis ras kelinci yang terkenal akan keindahan bulu panjangnya seperti kelinci anggora. Agar tetap terlihat indah dan terasa lembut, bulu kelinci tadi harus mendapatkan perawatan secara berkala. Bulu kelinci yang dibiarkan dan jarang dirawat akan menjadi gimbal. Tapi bagaimana caranya ya?

Perawatan untuk bulu kelinci pada dasarnya tidak jauh berbeda dengan cara merawat rambut manusia. Begitu pula dengan cara untuk memanjangkan bulu kelinci tersebut. Anda bisa menggunakan bahan-bahan alami atau pun produk-produk perawatan modern. Di sini dibutuhkan ketelatenan Anda untuk merawat bulu kelinci kesayangan secara teratur supaya hasilnya juga memuaskan.

Di bawah ini kiat-kiat yang bisa Anda lakukan untuk merawat bulu kelinci agar cepat panjang
Kelinci Anggora
Kelinci Anggora

    Rutin Keramas dan Diberi Conditioner

Tidak hanya rambut manusia, bulu kelinci pun harus dikeramasi supaya kondisinya tetap bersih, wangi, dan sehat. Setelah selesai keramas, jangan lupa untuk memberikan conditioner khusus. Penggunaan conditioner setelah keramas terbukti mampu membuat bulu kelinci bertambah panjang lebih cepat. Tingkat kelembabannya pun terjaga dengan baik sehingga terhindar dari masalah seperti bulu yang kering, rapuh, dan kusam.

    Jangan Sering Memakai Hairdryer

Ada kalanya kita membutuhkan hairdryer untuk mengeringkan bulu kelinci dalam waktu yang lebih singkat. Misalnya sesaat setelah kelinci tersebut dimandikan. Tetapi penggunaan hairdryer yang terlalu sering akan mengakibatkan masalah tersendiri. Bulu kelinci bisa menjadi rapuh sehingga gampang patah dan rontok. Yang paling parah, tekanan panas hairdryer bakal menghambat pertumbuhan bulu kelinci dalam jangka waktu yang panjang.

    Pijat Tubuh Kelinci secara Rutin

Pemijatan terbukti mampu merangsang pertumbuhan bulu-bulu rambut pada tubuh kelinci. Jadi sempatkan waktu Anda untuk melakukan pemijatan setidaknya 3 kali seminggu. Lakukan pemijatan selama kurang lebih 5-10 menit. Permukaan kulit yang dipijat akan memicu peredaran darah menjadi lancar sehingga bagus untuk pertumbuhan bulunya.

    Hindari Mewarnai Bulu Kelinci

Tidak sedikit para pemilik kelinci yang mengaku pernah mewarnai bulu kelinci peliharaannya supaya kelihatan unik dan menarik. Sayangnya bahan pewarna tersebut banyak mengandung bahan kimia yang berbahaya bagi kesehatan bulu. Bahkan jika pemakaiannya terlampau sering, bulu kelinci tidak hanya terhambat pertumbuhannya, tetapi juga bakal mengalami kerusakan yang fatal. Bila ingin bulu kelinci cepat panjang, jangan coba-coba lagi mewarnai bulu kelinci.

    Berikan Pakan yang Kaya Protein

Anda juga perlu menunjang kebutuhan nutrisi yang diperlukan oleh bulu kelinci seperti protein. Pakan-pakan yang banyak mengandung protein sanggup mencukupi kebutuhan folikel bulu kelinci. Pakan semacam ini juga bagus sekali untuk memelihara kondisi kesehatan bulu kelinci supaya tidak rusak. Anda bisa memberikan pakan yang kaya akan protein dalam bentuk pelet.

    Gunakan Bahan-bahan Alami

Beberapa bahan alami terbukti mampu memberikan perawatan yang sangat bagus untuk bulu kelinci. Misalnya seperti teh hijau yang mampu memperlancar sirkulasi darah di dalam kulit, santan untuk menghaluskan bulu kelinci, lidah buaya untuk melebatkan rambut, serta minyak zaitun dan minyak kemiri untuk membuat bulu kelinci terlihat lebih berkilau.

Komentar

Postingan Populer