Cara Memandikan Kelinci Dengan Baik Dan Benar

Cara Memandikan Kelinci Dengan Baik Dan Benar - Memiliki hewan peliharaan adalah hal yang sangat menyenangkan terlebih bagi orang yang benar-benar mencintai hewan. Ada banyak hewan yang dapat dijadikan sebagai hewan peliharaan seperti anjing, kucing, burung, dan kelinci. Ulasan pada kali ini akan membahas lengkap mengenai hewan peliharaan kelinci. Hewan kecil yang sangat lucu ini mempunyai bulu indah, telinga yang unik, dan mata yang bersinar. Jenis kelinci yang banyak dipelihara sebagai kelinci hias yaitu kelinci anggora. Cara memandikan kelinci hias juga tidak dapat dilakukan dengan sembarangan dan bagi anda yang ingin tahu bagaimana cara memandikan kelinci hias dengan baik dan benar maka langsung saja simak ulasan yang ada di bawah ini.
Cara Memandikan Kelinci

Tutup Telinga Kelinci

Langkah pertama yang dapat anda lakukan sebelum memandikan kelinci yaitu dengan menutup telinga kelinci dengan menggunakan kapas. Tujuannya untuk mencegah masuknya air ke dalam telinga kelinci.

Disarankan untuk tidak memasukkan kapas terlalu dalam. Masukkan kapas pada saat kelinci sedang dalam keadaan tenang dan nyaman sehingga kelinci anda tersebut tidak kaget.

Membersihkan kotoran di bulunya.

Banyak kelinci yang suka disikat, dan ini merupakan cara yang baik untuk membuat bulunya tetap bersih. Belilah sikat yang dirancang khusus untuk bulu kelinci (biasanya lebih halus dibanding sikat yang dirancang untuk anjing). Setiap beberapa hari sekali, peganglah kelinci Anda dengan lembut sambil menyikat bulunya. Fokuslah pada bagian yang terdapat kain atau kotoran. Ketika Anda sudah selesai, cuci sikat tersebut lalu keringkan.

Pastikan Anda memegang kelinci dengan lembut. Tidak semua kelinci menyukai disikat. Jika kelinci Anda tampak terkejut atau terganggu saat disikat, hentikanlah proses tersebut dan coba lagi lain waktu. Kelinci dengan bulu panjang membutuhkan perawatan bulu yang sedikit lebih banyak. Anda harus rajin memangkas bulu kelinci hingga sekitar 2,5 cm agar tidak kusut. Hal ini akan membantu mengurangi bulu rontok dan tetap membuat bulu bersih.

Masukkan Kelinci Ke Dalam Bathtub

Langkah yang ketiga yaitu memasukkan kelinci ke dalam bathub atau wadah ember yang besar yang telah diisi dengan air hangat sebelumnya. Pastikan bahwa air yang digunakan tidak terlalu hangat dan pastikan juga agar air tidak masuk ke dalam telinga dan hidung kelinci. Takaran air yang digunakan adalah kurang dari atau sama dengan tinggi kelinci. Kelinci harus dimasukkan dengan perlahan dan apabila tiba-tiba kelinci anda menjadi panik maka jangan paksa untuk memasukkannya ke dalam air. Masukkan kelinci ke dalam bathtub pada saat kondisinya sedang tenang dan nyaman.

Gunakan mat splitter

Jika kelinci Anda memiliki gumpalan pada bulunya, cara terbaik untuk memperbaikinya adalah dengan menggunakan mat splitter. Alat ini memperbaiki gumpalan dengan halus tanpa harus menyakiti kelinci. Hindari menggunakan gunting; kelinci suka gelisah, dan tidak tertutup kemungkinan Anda menyakiti dirinya ketika sedang membersihkannya.

Basuh Badan Kelinci

Langkah yang keempat yaitu membasuh badan kelinci dengan cara mengusapkan air dengan mengambil arah belakang menuju depan dan pijat perlahan agar air dapat benar-benar sampai ke kulitnya. Pembasuhan ini harus dilakukan berulang-ulang supaya proses mandinya berhasil dan badan kelinci juga menjadi sangat bersih sehingga kotoran apapun yang menempel pada badanya dan juga pada sela sela bulu dapat hilang.

Gunakan sabun

Jika kotoran sudah menggumpal untuk waktu yang lama, Anda mungkin butuh lebih dari sekadar air untuk membersihkannya. Isi mangkuk kecil dengan air hangat dan beberapa tetes sampo bayi atau sabun castile. Celupkan kapas di dalam larutan tersebut dan gunakan kapas dengan perlahan untuk membersihkan bagian di sekitar anus kelinci. Berhati-hatilah dan basahi hanya bagian yang perlu dibersihkan. Ulangi proses ini hingga tidak ada lagi gumpalan kotoran. Pastikan Anda tidak menyisakan sabun pada kelinci Anda. Sisa sabun yang menempel dapat menyebabkan iritasi kulit. Jangan menggunakan air dingin; pastikan air Anda cukup hangat. Jika tidak, kelinci Anda dapat merinding dan menjadi terkejut.

Itulah beberapa informasi yang dapat anda ketahui dari Cara Memandikan Kelinci Dengan Baik Dan Benar, semoga bermanfaat.

Komentar

Postingan Populer